Generasi-Y

#repost Facebook

Kita mungkin sering mendengar istilah Gen-Y, Gen-X dan seterusnya. Ini adalah pembagian generasi berdasar tahun kelahiran mereka. Gen-Y adalah istilah singkat untuk Generasi-Y, generasi yang lahir antara tahun 1982 dan 2001. Merekalah kini yang membentuk dunia kita. Selengkapnya, periodisasi generasi-generasi itu adalah :

– Generasi Tradisionalis : kelahiran tahun 1922 – 1941;

– Generasi Baby Boomers : kelahiran tahun 1942 – 1961;

– Generasi-X : kelahiran tahun 1962 – 1981;

– Generasi Millenials atau Gen-Y : kelahiran tahun 1982 – 2001;

– Generasi 2020 (Gen-Z) : kelahiran tahun 2002 – 2021.

Perang Dunia I (1914 – 1918), Perang Dunia II (1939 – 1945), penemuan bom atom, penemuan chip sehingga komputer menjadi murah dan berdimensi kecil, telpon genggam, SMS dan kini jaringan sosial media adalah beberapa hal penting yang membentuk generasi ini. Karakter mereka pun dipengaruhi oleh hal-hal tersebut.

Bagaimana mereka memandang karir dalam pekerjaan, bagaimana mereka mengelola uang penghasilan mereka, bagaimana bos atau atasan yang menjadi favorit mereka, preferensinya ikut berubah dari jaman ke jaman. Pilihan mereka terhadap produk barang maupun jasa, ikut dipengaruhi karakter mereka yang terbentuk karena lingkungan mereka.

Maka tak heran, peran Jenderal Soedirman dalam film Jenderal Soedirman pun diserahkan ke Adipati Dolken, seorang aktor muda berbakat dan peran Bung Karno diserahkan kepada Baim Wong, aktor yang lebih senior dari Adipati meski masih masuk kategori muda juga. Tak bisa dibayangkan jika peran Habibie dalam film Ainun, tidak diserahkan ke Reza Rahadian, tentu para Gen-Y itu tak akan berbondong-bondong masuk bioskop untuk melihat Reza dalam peran lain dan menjadikan film Ainun film terlaris sepanjang masa setelah film Laskar Pelangi.

Di sejumlah perusahaan, mungkin para Gen-Y pun sudah mulai memimpin, yang jika di kantor saya diistilahkan sebagai Senior Leaders. Usia bolehlah dibawah 40 tahun, tapi tanggung jawab sebagai pemimpin sudah diletakkan di pundak mereka.

Di sebuah tulisan yang pernah saya baca, kemunduran produk-produk elektronik Jepang melawan produk-produk elektronik  Korea bahkan dianalisis karena manajemen perusahaan Jepang masih mempertahankan kepemimpinan yang kuno, kolot yang dipegang para orang tua. Buat saya, tak sepenuhnya seperti itu…Soal tua dan muda adalah soal alamiah belaka. Generasi Baby Boomers ada karena dilahirkan Generasi Tradisionalis. Sementara generasi Baby Boomers melahirkan Generasi-X yang di jamannya telepon genggam mulai populer. Begitu seterusnya.

Di sebuah laporan konsultan McKenzie, disebutkan bahwa Indonesia pada tahun 2035 kelak akan mengalami apa yang disebut sebagai Bonus Demografi. Sebuah kondisi dimana jumlah penduduk usia produktif (umur 20 – 35) berjumlah sangat besar dan memiliki potensi pendapatan yang besar pula. Jika Indonesia, tepatnya pemerintah, tak mampu mengelola Bonus Demografi ini, maka yang terjadi justru Midle Income Trap atau adanya jebakan pendapatan kelas menengah. Artinya, jumlah pendapatan besar pada kelas produktif ini justru tidak menciptakan efek kesejahteraan bagi bangsa Indonesia karena pendapatan mereka justru mengalir keluar dari negeri kita karena konsumsi mereka pada produk barang dan jasa yang tak mampu dipenuhi dari negeri sendiri.

Analisis ini menarik. Momentum kebangkitan Indonesia sudah lama dirindukan, setelah era kebangkitan politik 1945-1966 lewat. Era dimana Indonesia sangat disegani dunia kerena prinsip politiknya yang memiliki determinasi. Sebut saja seperti penolakan Israel oleh Indonesia ikut Olimpiade di tahun 1963 serta keputusan untuk melakukan pertempuran merebut Irian Jaya ( kini Papua) langsung dari tangan Belanda pada tahun 1963 juga.

Ya, era kebangkitan kedua Indonesia di bidang ekonomi sepertinya harus segera diwujudkan. Negeri yang indah dan kaya ini amat cukup modalnya.Tinggal kemauan politik pemerintah dan semangat dari rakyatnya yang menunggu momentum untuk bertemu.

Era dimana anak-anak kita yang akan mengisi dan membentuknya, Gen-Y dan Gen-Z.

@januar_sw

No Comments

Leave a Comment

Copyright 2015 © Januarsw.com . SmartNesia